Selasa, 10 Oktober 2017

Mengapa Mall Menggunakan Sistem Instalasi AC Central

Journanonymous Cadiz - AC atau Air Conditioner merupakan pendingin ruangan yang dapat membuat suhu di sebuah rumah atau ruangan menjadi semakin dingin. Bukan sekedar banyak digunakan di rumah pribadi, namun AC juga kian masif digunakan di berbagai pusat perbelanjaan yang terdapat di hampir semua kota di Indonesia. Biasanya mreka menggunakan sistemn instalasi ac central untuk gedung besar seperti mall tersebut.


Apabila Anda memperhatikan, di setiap pusat perbelanjaan yang menggunakan AC atau pendingin ruangan, selalu terdapat semacam pendingin ruangan dengan ukuran besar di pintu masuk tempat tersebut. Biasanya, alat tersebut disebut dengan istilah air curtain dan menjadi salah satu primadona fasilitas dari sebuah mall atau pusat perbelanjaan. Namun, pernahkah Anda berpikir mengenai alasan apa yang membuat air curtain selalu dipasang di setiap pusat perbelanjaan? Berikut ini penjelasannya.

Kenyamanan Pengunjung

Alasan kenyamanan penunjung masih menjadi salah satu alasan utama mengapa air curtain dipasang di area pintu masuk. Hal itu berhubungan langsung dengan kenyamanan pengunjung yang baru saja datang dari area luar pusat perbelanjaan dan memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan dengan di dalam area pusat perbelanjaan.
Demi alasan kenyamanan pengunjung, air curtain kemudian dipasang di setiap pintu pusat perbelanjaan, agar pengunjung yang masuk langsung akan merasakan kenyamanan udara dingin di lokasi tersebut dan akan menjadi semakin betah untuk berjalan-jalan di sekitar mall atau pusat perbelanjaan tersebut.

Menghalangi Udara Panas

Air Curtain juga berguna untuk menghalangi udara panas yang akan masuk dari luar area gedung. Udara yang panas tersebut juga bisa mengurangi kenyamanan pengunjung yang berada di lokasi tersebut. Di sinilah letak manfaat air curtain yang akan menghalangi udara panas masuk ke area dalam mall.
Udara panas akan dihalau secara langsung dari tiupan angin dari pendingin ruangan yang telah terpasang. Dengan tiupan angin yang cukup kuat, maka udara panas tak akan masuk ke dalam area mall dan akan membuat suhu du dalam ruangan tersebut selalu dingin dan membuat setiap pengunjung nyaman berada di dalam mall.

Hemat Energi

Tanpa disadari, teknologi air curtain juga dapat membantu pihak pengelola mall untuk menghemat biaya pengeluaran listrik untuk mall tersebut. Dengan menggunakan pendingin ruangan dengan fasilitas untuk menghalau udara panas yang berasal dari area luar gedung, maka kebutuhan pendingin ruangan di bagian dalam mall menjadi tidak terlalu besar seperti halnya ketika tak tersedia penghalau udara panas di area pintu masuk mall.
Bahkan, teknologi ini juga diklaim cukup berperan dalam hal pendinginan udara di dalam area pusat perbelanjaan. Ketika para pengunjung datang, maka pengunjung akan merasa nyaman dengan dinginnya suhu di dalam pusat perbelanjaan dan menjadikan pusat perbelanjaan dapat menghemat sebagian energi untuk digunakan di dalam pusat perbelanjaan yang kini semakin banyak terdapat di Indonesia

1 komentar:

  1. jasa service ac yang digunakan saat perbaikan ac central berarti harus yang berpengalaman ya min? soalnya kalau tidak pasti akan bermasalah dalam satu mall

    BalasHapus